Mengalihkan Blogger Ke Situs Lain

Blog Redirect adalah mengarahkan ulang sebuah situs blog ke blog atau ke website lain.

Misalnya dari blog2.imamwahyudi.com ke blog.imamwahyudi.com

Tujuannya adalah mengarahkan traffic atau orang-orang yang berkunjung ke blog lama agar mereka langsung berkunjung ke blog baru.

Dengan cara redirect para blogger bisa memperkenalkan blog baru mereka dengan lebih efektif, karena setiap orang yang berkunjung akan diarahkan ke website baru.

Ada beberapa cara untuk melakukan blog redirect ini, disini saya akan menjelaskan jenis dan tutorial seputar blog redirect.


Jenis-jenis Blog Redirect

Secara jenis, ada dua macam jenis Blog Redirect, 

301 Permanent,

302 Found (HTTP 1.1) / Moved temporarily (HTTP 1.0).


301 Permanent 

Sebagaimana kita ingin pengunjung dari blog lama dialihkan ke blog baru, 

Biasanya para pengunjung blog kita itu datang dari Search Engine seperti Google.com

Nah, 301 Permanent ini adalah jenis redirect yang memberitahukan kepada para Search Engine (Mesin Pencari) bahwa url blog lama ini sudah tidak relevan lagi, maka yang perlu dicatat adalah url dari blog/situs baru, bukan blog lama. 

Karena database dari mesin pencari tidak diupdate secara live/langsung, maka jenis redirect ini penting jika kita ingin memindahkan blog kita secara permanent.

302 Found / Moved Temporarily

Berbeda dengan 301 Permanent, Redirect 302 ini lebih ke pengalihan sementara, jadi url blog lama masih akan tercatat di database search engine (mesin pencari). 

Contoh penggunaannya adalah jika suatu halaman di blog lama rusak dan butuh waktu untuk memperbaikinya, maka kita bisa mengalihkannya ke situs lain untuk sementara waktu. 


Tutorial

Sudah ada beberapa postingan Tutorial Redirect di blog ini.

Tutorial Redirect 302 :

Tutorial Blog Redirect Sederhana

Mengalihkan Semua Post Blogger ke Situs Baru

Tutorial Redirect 301 :

- Tutorial Redirect 301 di Blogger


Penutup

Meski tujuan dari kedua jenis redirect tersebut berbeda, namun fungsinya sendiri cukup mirip. Bahkan banyak juga yang salah dalam menggunakan keduanya. Redirect 302 lebih sering digunakan daripada Redirect 301. Alasannya ? Selain dari tidak semua situs akan dipindah secara permanent. 

Redirect 302 lebih banyak digunakan karena lebih mudah untuk menggunakannya, contohnya bisa dengan meta tag atau javascript. Dibanding Redirect 301 yang harus mengubah setting didalam file server untuk menggunakannya, contohnya dengan .httaccess.

Karena lebih sulitnya menggunakan Redirect 301 tersebut, ada yang sengaja menggunakan Redirect 302 sebagai redirect permanent. Walau tentu itu akan kurang optimal karena kurang sesuai dengan fungsi utamanya

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

Komentar

Entri Populer

Daftar Isi Ditambahkan

Tutorial Redirect 301 di Blogger